h1

GOLPUT TINGGI, BAGUS?

May 11, 2013

OPINI | 12 May 2013 | 05:22 Dibaca: 20   Komentar: 0   Nihil

golput itu di luar sistem, jadi bukan sistem. artinya, jumlah golput adalah sejumlah ketidakseragaman. dan sebenarnya jangan disebut golongan. karena mereka tidak menyimpulkan dalam kebersamaan untuk disebut sebuah golongan.

golput itu masa yang terlalu beragam dengan tingkat perbedaan yang sangat dramatis & tidak punya cara berkomunikasi karena memang beda latar belakang, sehingga ini bukan sebuah golongan, sebenarnya.

sedangkan berdemokrasi itu sebuah ikhtiar mengurangi perbedaan yang sedemikian dramatis itu, dengan cara berkelompok menjadi partai dan bergabung kedalam sebuah mekanisme berkomunikasi yang disepakati. jadi sebuah jalan mempertahankan berdirinya sebuah negara.

ibarat ada yang ikut shalat berjama’ah walau beda2 cara shalat, dengan yang shalat di luar masjid atau tidak berjama’ah. mungkin saja yang shalat berjama’ah itu masih beda pendapat, tapi settidaknya mereka sepakat tentang beberapa hal.

sementara yang tidak shalat berjama’ah, itu kondisinya bisa sangat beragam dan tidak solid. bisa tidak berjamaah karena halangan, karena memang tidak ingin berjama’ah. atau karena memang tidak mau shalat, atau karena memang benci sama yang shalat.

jadi, apapun penyebab golput itu adalah sebuah kemunduran tentang kedewasaan sebuah bangsa dalam mengelola cara hidup bersamanya. dari manapun penyebab golput itu adanya.

Siapa yang menilai tulisan ini?


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: