h1

Macet, Nikmati Aja!

May 7, 2013

Berbagai macam solusi sudah dilakukan untuk mengatasi kemacetan terutama di Ibu kota. Macet sudah menjadi pemandangan biasa bagi warga jakarta. Terutama di waktu pagi ketika semua orang memulai aktifitasnya dan sore keti semua pulang menuju rumah. Walaupun terkadang macet tidak bisa diprediksi kapan terjadi. Hal ini mungkin akan terus terjadi karena solusi macet berupa pengaturan ganjil-genap dilaksanakan pada akhir tahun 2013. “Pengadaan armada bus Trans-jakarta menjadi menjadi kunci keberhasilan pemberlakuan kebijakan ganjil genap” kata Gubernur DKI Joko Widodo (Media Indonesia . Jum’at,22 maret 2013)

Jadi kalu sudah terjebak dalam macet, mau gimana lagi? Nikmati aja! Hidup inikan memang harus dinikamati. Kecuali kalau kita sedang tergesa-gesa menuju suatu tempat, mau tidak mau kita harus membawa sepeda lipat di bagasi mobil sebagai kendaraan darurat agar tidak terlambat menuju lokasi kerja ataupun sekolah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan ketika berkutat dengan macet adalah :

1. Memikirkan solusi apa yang bisa mengurangi macet. Disini kita bisa menghidupkan imajinasi kita agar bisa terhindar dari macet. Seperti cara membuat kendaraan yang bisa terbang, kemudian melewati semua wilayah macet. Toh.. penemuan helikopter juga karena menghayal setelah melihat hewan capung.

2. Mendengarkan musik. Ini sudah pasti, daripada bengong kepanasan menunggu mobil bergerak satu centi, mending pasang musik yang bisa menghibur diri. Ada baiknya musik yang diputar musik meditasi seperti Kitaro, karena mampu mengendalikan pikiran kita agar lebih damai.

3. Makan cemilan, daripada makannya waktu mobil sedang jalan kan bahaya. Roti-rotian bagus untuk menjadi cemilan saat berkendara. Hal ini karena roti mengandung karbohidrat cocok untuk menambah energi, juga tidak membuat repot. Dibanding makanan yang berminyak.

4. Browsing internet dan mencari hal-hal yang asyik, unik, dan menarik. Cari hiburan lain di dunia maya. Kalau di dunia nyata merasa suntuk. Di dunia maya kan banyak hal-hal yang kita inginkan dan dijamin semua bisa kita miliki. Namanya juga dunia maya.

5. Teleponan/smsan dengan orang yang disayang, bisa keluarga, rekan kerja, atau pacar. Menelepon seseorang juga bermanfaat selain mengetahui kabar juga bisa berbagi rasa. Dari pada dongkol sendiri mending dibagi dengan teman atau orang lain.

6. Berkenalan dengan pengendara dan penumpang mobil lainnya. Hitung-hitung nambah relasi. Ini yang jarang dilakukan oleh kita yang sedang berkutat didalam macet. Padahal macet merupakan moment dimana semua orang berada berkumpul bersama di jalan raya. Ada baiknya kita menyapa orang-orang terdekat disekitar kita.

7. Latihan mengendalikan amarah, sekali-kali kesabaran harus diuji agar tidak mudah marah. Ini merupakan kegiatan yang paling bagus mengendalikan amarah. Sambil mendengarkan irama musik Kitaro kita bisa mengontrol diri agar jangan mudah marah.

Tips menghindari kemacetan:

Naik sepeda menuju kantor atau sekolah, selain irit untuk beli bensin juga sepeda jarang ada macetnya. Kalu terjebak macet juga gimana? Yah.. angkat sepedanya. Jalan.


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: