h1

Go Green Indonesiaku

May 13, 2013

Go Green Indonesiaku

Oleh: Dwi Fauziyah

Dewasa ini, keadaan lingkungan alam Indonesia sungguh memprihatinkan. Pasalnya banyak manusia dengan keserakahannya telah mengeksploitasi hutan melampaui batas kewajaran. Akibatnya ekosistem yang semula baik menjadi rusak, dimana hutan tidak dapat lagi menyerap air hujan.

Keadaan iklim pun mulai mengalami perubahan tidak wajar, seperti cuaca yang luar biasa panas saat musim kemarau dan banjir yang dahsyat pada musim hujan. Bukan kekuasaan Tuhan semata yang menyebabkan semua itu terjadi. Melainkan akibat dari perilaku manusia yang tidak ramah dan tidak peduli terhadap alam ini.

Demikian yang terjadi pada Gunung Muria pada musim kemarau lalu. Penggundulan hutan yang merajalela, mengakibatkan beberapa sumber mata air yang mengalir ke daerah Kudus mengering. Tanda berkurangnya sumber air, misalnya dapat terlihat dari minimnya debit air terjun Monthel beberapa bulan yang lalu. Padahal di kawasan Gunung Muria 70% merupakan hutan, namun 40 % di antaranya kondisinya kritis.

go green.jpg

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-cD8YtCiWqrM/UOwaTS7hWEI/AAAAAAAAAeU/jFNYlWiBe4U/s1600/13536521-go-green.jpg

Sehubungan dengan hal tersebut, sudah tentu kelestarian lingkungan sangatlah penting dan perlu mendapat perhatian serius bagi kita semua. Salah satunya adalah menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon dan menjaga hutan dari kerusakan. Jangan manfaatkan hutan sebagai lahan bisnis saja, tapi jadikan hutan sebagai bagian dari hidup kita.

Sebutan hutan sebagai jantung dunia sangatlah tepat. Dimana hutan mempunyai fungsi penting dalam memberikan oksigen bagi seluruh makhluk hidup. Hutan merupakan kawasan dimana terdapat berbagai macam pepohonan dan tumbuhan. Selain itu, hutan juga mampu menunjang keseimbangan ekosistem di dalamnya.

Akan tetapi, yang terjadi saat ini dan entah sampai kapan hutan Indonesia dalam kondisi kritis. Penebangan liar, pencemaran, kebakaran, dan alih fungsi hutan menjadi bangunan serta lahan pertanian menyebabkan dilema bagi Indonesia.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sangatlah minim. Belum lagi kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak mencerminkan pro lingkungan. Eksploitasi sumber daya alam terjadi dimana-mana tanpa adanya tindakan tegas dari pemangku kekuasaan. Mau sampai kapan Indonesia seperti ini?

Dimulai dari sekarang dan berawal dari diri kita sendiri merupakan langkah yang tepat. Tanamlah pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal dan ajaklah keluarga, teman, tetangga dan masyarakat lainnya untuk melakukan kebiasaan menanam pohon. Hijaukanlah lingkunganmu, maka hijaulah Indonesia..


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: