h1

Rekomendasi Tempat Wisata Gunungkidul

May 6, 2013
1367846383828456230

pantai idrayanti/pulang syawal(dok.pribadi)

gunungkidul untuk saat ini sedang naik daun dalam hal pariwisata, terutama wisata pantai selatan. dan untuk saat ini pula pantai yang sedang terkenal adalah pantai pulang syawal atau lebih dikenal dengan nama pantai indrayanti. meskipun pantai ini paling akhir dalam hal promosi, namun berhubung setiap wisatawan yang datang ke pantai ini selalu menceritakan lain pada teman atau kerabat yang belum pernah datang. sehingga menjadikan rasa penasaran untuk berkunjung. meskipun secara lokasi dan kelengkapan pendukungnya, pantai ini masih kalah sama pantai baron namun kunjungan wisatawan selalu ramai, terlebih libur panjang akhir pekan.

1367846956364384141

kemacetan menuju indrayanti(dok.pribadi)

kekurangan petunjuk arah atau rambu menuju ke pantai indrayanti menjadi kendala para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung sehingga sering banyak yang salah belok arah dan hal inilah yang sering menjadikan kemacetan panjang, sebab jalan yang sangat sempit sehingga sepeda motor saja tidak bisa lagi menyalip ditengah diantara mobil. untuk itulah kesabaran pemotor di uji sebab jika pas siang hari maka cuaca panas dan sengatan matahari sangat terasa.

selain lokasi wisata pantai tersebut yang sudah sering terdengar dan diberitakan oleh banyak media, maka saya akan rekomendasikan kepada para kompasianer yang belum pernah ke gunungkidul. jika akan mengunjungi pantai, tinggal pilih mau dimulai dari arah mana dulu datangnya. jika datang dari arah timur solo dan wonogiri maka lebih baik kunjungi pantai selatan gunungkidul sebelah timur, diantaranya pantai sadeng dan pelabuhannya. kemudian di teruskan ke arah barat menuju indrayanti, sundak, siung, sepanjang, drini, kukup, krakal, ngrenehan, ngobaran, timang dan masih banyak lagi pantai selatan gunungkidul hingga perbatasan kecamatan panggang.

namun jangan lakukan kunjungan di hari itu juga, karena tidak akan cukup waktu untuk menyusuri semua pantai tersebut, kecuali hanya sekedar mampir dan itupun tetap akan lama karena routenya belum semuanya beraspal. terlebih pantai selatan panggang. selain pantai, di panggang juga ada petilasan pertapaan yang disebut kembang lampir berada di desa girisekar.

kemudian selain pantai masih ada lagi lokasi wisata keluarga yang bernuansa alam yaitu di semanu dan bejiharjo.  desa wisata tersebut sudah memenangkan tiga kategori di tingkat nasional mewakili propinsi diy. di bejiharjo sendiri masih ada goa pindul dan wisata menyusuri sungai oya. masih di semanu juga ada goa bribin dan bendung beton. selain itu juga masih ada arung jeram di kali suci.

menuju ke arah utara kecamatan ngawen ada lokasi wisata yaitu gunung gambar. kemudian lanjut ke barat arah yogyakarta, di patuk ada gunung api purba nglanggeran dan sekitarnya juga terdapat lokasi wisata lainnya. namun jika pada malam hari sempatkanlah menuju bukit bintang di sebelah barat kecamatan patuk. bukit bintang atau bukit hargodumilah, jika pada malam hari sangat ramai pengunjung, karena dari atas bukit yang berada di pinggir jalan yogya – wonosari ini bisa melihat kota yogyakarta dan sekitarnya dengan kemerlipnya lampu kota laksana bintang jatuh, sehingga tersebutlah bukit bintang.

kembali ke timur arah wonosari, tepatnya di kecamatan playen, di sini terdapat lokasi wisata goa rancang kencono dan air terjun sri gethuk atau air terjun slempret yang mana goa dan air terjun tersebut berada di desa bleberan.

berlanjut ke selatan di kecamatan paliyan, cobalah menuju ke desa giring, di situ terdapat makam ki ageng giring yang masih ada kaitannya sama petilasan kembang lampir.

sebenarnya masih banyak lokasi wisata goa yang belum sempat saya sebutkan karena memang belum begitu terexpose dan tereksploitasi oleh pemda gunungkidul.

untuk masalah kuliner, tidak usah khawatir karena hampir di semua desa yang dekat lokasi wisata banyak warung makan. namun jika akan menu makan lebih lengkap maka datanglah ke kota wonosari. di sepanjang jalan wonosari – yogya tepatnya di ledoksari, restoran berbagai menu khas tersedia.

kiranya itulah sedikit gambaran lokasi wisata yang berada di kabupaten gunungkidul handayani.

terimakasih kompasiana

hadisang


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: