h1

Mengembangkan Layar di Kaki Gunung Slamet

May 9, 2013
1368128490665221874

Suasana Layar Tanjleb.

Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Kemutug Lor, Baturraden, Banyumas

Keagungan Gunung Slamet tampak makin indah ketika menjadi latar layar putih yang dikembangkan anak-anak muda pengelola Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 sore itu.

Anak-anak kecil ditemani orang tuanya, berlarian di tanah berumput. Belasan pemuda desa yang tergabung dalam Karangtaruna turut sibuk menata peralatan yang akan dipergunakan pada malam harinya.

Malam itu, gelaran Layar Tanjleb FFP 2013 menyapa warga Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Kamis, 9 Mei 2013. Dibuka dengan pentas musik yang memancing warga berduyun-duyun ke lapangan desa.

Ketua Karangtaruna Gempita Jaya X Desa Kemutug Lor Kuat Angga Wibawa mengatakan, sebagai pemuda desa berekspresi seni bisa dimana saja dan kapan saja. “Termasuk di lapangan desa ini, sekaligus memberika hiburan pada warga desa,” tuturnya.

13681286251958564388

Para penonton.

Pada kesempatan Layar Tanjleb putaran kesembilan dari 18 putaran itu, diputar lima film pendek dan satu film panjang, yaitu “Meniti Hutan Panyatan” dari pelajar SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Lawuh Boled” dari pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, serta film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Sementara menurut Direktur FFP Bowo Leksono, tidak banyak desa yang pemuda-pemudanya betah tinggal di desa. “Desa Kemutug Lor ini luar biasa. Pemudanya kompak dan aktif berkegiatan lewat Karangtaruna,” ujarnya.

Even tahunan Festival Film Purbalingga ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013 dengan salah satu program pemutaran Layar Tanjleb di 18 titik desa. Desa Kemutug Lor merupakan desa terakhir rangkaian pemutaran keliling di Banyumas.

Berikutnya gelaran Layar Tanjleb akan kembali ke Purbalingga. Pada putaran kesepuluh, Jumat, 10 Mei 2013, layar akan ditancapkan di Desa Sokawera, Kecamatan Padamara, Purbalingga.


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: