h1

Yuk, Nikmati Bareng Pesona Kota Barcelona!

May 10, 2013

Barcelona merupakan sebuah kota metropolis, a Roman city, memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan, tata kota yang baik, rapi dan teratur. Adalah kota kedua terbesar di Spanyol, setelah Madrid, dengan populasi hampir 5 juta orang. Hal yang mengundang decak kagum adalah meski sebuah kota metropolis, traffic di jalan – jalan terbilang teratur, bahkan tidak terlihat kemacetan – kemacetan di jalan raya.

Barcelona memiliki iklim Mediteranea, sehingga meski winter times tiba, masih cukup nyaman baik untuk dikunjungi ataupun ditinggali, karena tidak begitu dingin. Pada spring times…temperatur dan iklim juga cukup bersahabat, di banding negara – negara Eropa yang tidak berada di linea Mediteranea, iklim-nya kurang lebih sama dengan iklim di wilayah selatan Italia.
Summer times…tidak diragukan lagi…temperaturnya sama dengan daerah – daerah tropis, bahkan ketika datang angin panas yang berasal dari gurun, temperatur menjadi lebih tinggi daripada daerah – daerah tropis, seperti Indonesia.

Sejak ABG, saya memang sudah menggemari histori Peradaban Romawi, seni arsitektur dan tata kotanya yang luar biasa, sehingga saya cukup sering berjalan -jalan ke Roman cities, seperti Roma sendiri, Barcelona. Kota Barcelona secara geografi terletak cukup dekat dari Italia…sehingga menuju Barcelona samasekali tidak merepotkan…Jika ada long weekend, segera saja terbang menuju Barcelona.

13682195831881124773

La Sagrada Familia ( Heny )

Kota terbesar ke enam di wilayah European Union ini, juga sangat dikenal akan karya – karya arsitektur, khususnya masterpieces dari sang arsitek legendaris Antonio Gaudi, salah satunya adalah : La Sagrada Familia, a Catalan Landmark, yang merupakan minor basilica, diresmikan oleh Paus Benedictus pada thn 2010 lalu. Desain arsitektur dari Sagrada Familia sangat original, luar biasa indah. Arsitek Antonio Gaudi adalah seorang naturalist, sehingga alam menjadi salah satu inspirasi utama dari desain arsitekturnya…sesuatu yang orang – orang tidak pikirkan sebelumnya sebagai bentuk arsitektur…beliau realisasikan dengan menakjubkan, sebagai contoh, tiang – tiang gagah nan indah di bagian dalam La Sagrada Familia, terisnpirasi oleh pohon – pohon lengkap dengan tangkai dan dedaunannya, terdapat pula bentuk – bentuk hewan yang menghiasi Katedral ini. Bentuk salip pada Basilica inipun tidak seperti Basilica – basilica ataupun Katedral – Katedral pada umumnya, melainkan berbentuk pohon gandum…luar biasa…sesuatu yang betul – betul original…Ketika memandangi bangunannya dari luar…detail arsitekturnya sungguh mengagumkan…pantas saja dibutuhkan waktu tuk merealisasikannya, karena tingkat kerumitannya…., menginjakkan kaki di dalamnya…semakin mengundang decak kagum saya.

13682197562119117324

Bagian Atap Sagrada yang terinspirasi oleh pepohonan ( Heny )

Sejak kecil Sang Ibu dari Antonio Gaudi, telah memperkenalkan alam padanya, beliau  juga tumbuh di green zone…terbiasa dengan tanaman – tanaman hijau, bunga – bunga, kicauan burung, berbagai pesona alam di sekitarnya…dan hal – hal inilah yang menginspirasi Gaudi dalam arsitekturnya, memberikan karakter tersendiri dalam desain-nya yang original. Selain alam, neo-gotic, serta Hispanic – Islam juga menjadi bagian dari inspirasi karya – karya-nya.

La Sagrada Familia merupakan salah satu simbol kota Barcelona, yang juga merupakan UNESCO World Heritage. Hal yang amat menarik tuk dicermati adalah La Sagadra Familia ini mulai dibangun sejak tahun 1882 dan hingga kini pembangunannya masih berlangsung, diprediksi pembangunan baru akan selesai kurang lebih pada tahun 2026 nanti….Memang pembangunan ini mengandalkan private donation, selain itu juga memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, amat original nan artistik. Jika anda mengunjungi Barcelona, Sagrada Familia adalah a must visit.

Di depan La Sagadra Familia, terdapat taman cantik dengan artificial lake-nya…selain itu…terdapat beberapa area city walk di sekitarnya. Hal yang saya amat suka dari Barcelona adalah area pedestrian yang luas dan nyaman. Unlike other cities that have huge roads running through the middle, Barcelona has chosen to structure the road system such that the heart of the city center is primarily pedestrianised with larger roads that service the periphery.

Casa Batllo’

136821992116657785

Casa Batllo karya Gsudi ( Heny )

Selain La Sagrada Familia, karya arsitek Gaudi lainnya adalah Casa Batllo‘,terletak di jantung kota Barcelona, tepatnya di jalan passeig de gracia, yang merupakan prosperous district dari kota ini. Redesigned oleh Gaudi pada tahun 1904, dengan gaya khas-nyw, Casa Batllo’ memiliki bangunan yang menarik, colourful, dihiasi oleh mozaic – mozaic berwarna warni, dengan sentuhan desain terinspirasi dari keanekaragaman alam semesta…Bagian yang unik dan mengagumkan dari Casa Batlo, bentuk dari atapnya terinspirasi oleh dragon, dimana Gaudi memberikan sentuhannya dengan mozaic untuk membentuk tubuh dragon…very remarkable sebagaimana desain – desain arsitektur Gaudi lainnya. Casa Batllo’ juga menjadi salah satu UNESCO World Heritage, disamping La Sagrada Familia.

Casa Mila’

13682200411126413614

Casa Mila atau La Padrera ( Heny )

Lebih dikenal sebagai La Pedrera, sebuah bangunan besar nan indah khas Gaudi, yang dahulunya dibangun untuk sepasang pengantin baru dari keluarga kaya Barcelona, Mila’. Pembangunan dilakukan dari tahun 1906 – 1912. Terletak di jalan yang sama dengan Casa Batllo’, Passeig de gracia, sebuah zona mewah dan berkelas, dimana sejak abad ke 20 dikenal sebagai prestigious and fashionable area, terdapat begitu banyak bangunan – bangunan dengan arsitektur luar biasa…juga butik – butik mewah.

Parc Guell

13682201811138067836

Sebuah bangunan karya Gaudi dekat main entrance ( Heny )

Sebuah kompleks taman di atas bukit El Carmel, masih di wilayah Grecia, didesain oleh Arsitek Antonio Gaudi, di atas lahan seluas 17,18 hektar, dibangun sejak thn  1900 – 1914. Setiap desain yang ada mengundang decak kagum, juga merupakan salah satu situs arsitektur terbesar di Eropa Selatan. Pada main entrance, terdapat sebuah patung salamander yang dibuat dengan mozaic yang berwarna – warni, menjadi salah satu simbol dari taman ini. Di dalam area taman, juga terdapat aneka tanaman, seperti plam tress dan olive tress khas mediteranea, serta beberapa macam bunga. Salah satu bunga yang menarik perhatian saya adalah bunga kenikir, zaman dahulu…Saya membayangkan bahwa bunga seperti ini tidak ada di Eropa, namun ternyata di beberapa negara Eropa saya menjumpinya. Bird nest yang Gaudi bangun juga amat unik, dengan gaya khas naturalist seorang Gaudi. Pada bagian puncak dari taman ini, nampak panorama indah kota Barcelona dari atas.
Parc Guell juga menjadi karya Gaudi lainnya yang merupakan UNESCO World Heritage.

Montjuic

13682210961979622574

Palau Nacional Montjuic ( Heny )

Beberapa ribu tahun lalu, Iberic celt menetap di Mountjuic sebuah bukit setinggi 213 meter, yang kemudian digunakan oleh bangsa Romawi kuno untuk acara – acara ceremonial.

Terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Barcelona, kini Montjuic menjadi salah satu ikon pariwisata kota Barcelona, ada banyak attractions yang bisa kita nikmati dan kagumi di area Monjuic ini, seperti Palau Nacional ( national palace ), bangunan menakjubkan bergaya neo – barocco ini, merupakan Museu Nacional d’Art de Catalunya. Koleksi – koleksi seni terdapat di dalamnya ; Roman, Gothic, Renaissence, Barooco, termasuk karya seni abad 19 dan 20.

13682213831083494113

The Magic Fountain Montjuic ( Heny )

Di depan Palau Nacional ini, ada sebuah air mancur raksasa yang dikenal dengan nama The Magic Fountain, berada di tengah – tengah square, menjadi simbol manis yang amat mengesankan, dibangun pada tahun 1929. Air mancur ini menari – nari dengan alunan musik dan cahaya lampu yang berwarna – warni…Ya mirip dengan the dancing fountain di Dubai…namun harus diingat bahwa fountain di Barcelona ini sudah ada sejak thn 1929, memperlihatkan peradaban yang telah maju meski pada puluhan tahun yang lalu.
Dan yang membedakan dengan the dancing fountain di Dubai adalah jika di Dubai…fountain berada di depan Burj Khalifah, karya arsitektur modern, berupa tower tertinggi di dunia, sedangkan the magic fountain Barcelona, terletak di depan sebuah palace bersejarah dengan arsitektur klasik nan indah bergaya Neo Barocco.
We had a wonderful view at night when both the fountain and the palace are illuminated.

Parc Montjuic yang mengitari dan berdekatan dengan Palau Nacional juga menarik tuk dikunjungi, kita dapat bersantai diantara rindangnya taman serambi mengagumi karya arsitektur di sekitarnya. Masih di area yang sama, ada pula Castell de Montjuic ( Montjuic Castle ), sebuah museo militar ( military museum ) yang kini ditutup karena dalam masa renovasi. Pada zaman dahulu kala, merupakan sebuah fortress yang digunakan sebagai tameng pelindung kota Barcelona, dibangun pada thn 1614.

Las ramblas

13682215221911316938

Las Ramblas ( Heny )

A famous city walk area, terletak di dekat port dari Barcelona…
Sebuah desain menarik, dimana area untuk pejalan kaki berada di bagian tengah…amat luas dan lebar,  diapit oleh dua buah jalan ( one way roads ), yang lebih sempit dari area tuk pejalan kaki… We had the overwhelming feeling that pedestrians rule in this area.
Pepohonan menjadi pembatas antara zona pejalan kaki dengan dua jalan yang mengapitnya….Nampak rapi dan well-organized.
Ada banyak restaurant – restaurant, pub, bar, serta toko – toko souvenirs di Las Ramblas

Port Vell

13682216531217964922

Jembatan tuk pedestrian di Port Vell ( Heny )

Sekitar 3 menit walking distance dari Las Ramblas terdapat pelabuhan kota Barcelona ; Port Vell. Dibangun pada tahun 1992 dalam rangka menyambut olimpiade kala itu, memiliki konsep amat baik dan menarik. Terdapat beberapa area city walk dengan taman – taman cantik nan bersih di sekitarnya…
Ada jembatan yang menghubungkan satu area pejalan kaki dengan area di seberang pelabuhan, dimana kadang jembatan ini dibuka tutup, jika ada kapal yang lewat. Melewati jembatan yang hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki ini, terdapat zona bersantai dengan bangku – bangku, lalu di dekatnya terdapat sebuah commercial center. Tidak hanya sekedar port, namun adalah sebuah entairtainment center dan modern yact basin. Di wilayah pelabuhan ini, juga terdapat bangunan World Trade Center dari Barcelona.

13682217861656932980

Area pelabuhan ( Heny )

Kota Barcelona dihiasi oleh berbagai ikon – ikon yang amat menarik dan mempesona, tidak hanya karya karya Gaudi, terdapat pula sebuah hospital bersejarah bernama Sant Pau Hospital, dengan bangunannya yang megah, kemudian Plaza Catalunya yang indah dan enchanting yang  juga dapat digunakan tuk bersantai, serta Museo Catalunya yang terletak di dekat port Barcelona dengan bangunannya yang anggun. Selain simbol – simbol di atas, Camp Nou Stadium juga merupakan salah satu ikon kota, sebuah lambang semangat sportivitas dan kecintaan warga Catalunya akan sepak bola.

Dari setiap perjalanan, di negara manapun itu, di kota manapun itu, selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil, memperkaya pengetahuan kita, akan keanekaragaman budaya, backgrounds, arsitektur, keindahan alam ciptaan Yang Esa, God willing bisa menjadikan kita menjadi orang – orang yang lebih wise dan menghormati keanekaragaman budaya.

Arrivederci! Hasta Manana!

Foto Galeri

13682226871315142576

Bagian dalam Sagrada Familia karya Gaudi; Tiang – tiang yang terinspirasi oleh pepohonan ( Heny )

13682227741815779116

Bagian dalam dari Sagadra Familia – Stained glass nan cantik pada jendela ( Heny )


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: