h1

Deposito Pohon Berbunga Keindahan

May 4, 2013

OPINI | 04 May 2013 | 12:44 Dibaca: 11   Komentar: 0   Nihil

Indahnya ciptaan Tuhan dengan hamparan pohon yang hijau, suara kicauan burung yang merdu, air terjun dengan suara gemuruh air  sungguh membuat hati ini terasa terkagum-kagum akan ciptaan-Nya. Namun keindahan itu saat ini sudah mulai rusak. Saat ini pohon semakin berkurang,  suara kicauan burung mulai tak terdengar dan sumber mata air mulai mengering sungguh membuat hati ini terasa sedih. Hal ini dikarenakan pohon-pohon sudah banyak yang ditebang dan tidak merehabilitasinya kembali.

1367645910431895100

Pepohonan mulai hilang dikarenakan penebangan liar dan alih fungsi lahan sebagai perumahan. Hal ini sangat sulit sekali untuk dicegah. Sudah bertahun-tahun pemerintah dan masyarakat mencoba  untuk memeranginya, tapi tetap saja dampaknya kurang terasa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi lain untuk menjaga keutuhan pohon.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara deposito pohon. Deposito pohon hampir sama dengan menanam seribu pohon. Yaitu sama-sama melakukan penanaman pohon. Perbedaanya dengan menanam seribu pohon adalah dengan tidak diharuskannya dilakukannya secara masal atau bersama-sama. Cukup dengan kesadaran sendiri yaitu menanam 1 pohon tiap jangka waktu tertentu.

Dengan menanam 1 pohon tiap jangka waktu tertentu maka kita turut berpartisipasi menjaga keindahan bumi. Menanam 1 pohon saja bisa membantu untuk mengembalikan keindahan bumi, apalagi kalau menanam 1 pohon tiap 2 atau 3 bulan maka keindahan akan lebih cepat terwujud.

Untuk menanam pohon tidak perlu jauh-jauh mesti ke bukit atau ke hutan gundul di pedalaman. Cukup mulai dari pekarangan rumah ataupun tempat kerja dengan menanam pohon petai, mangga, rambutan, cemara  dan lainnya. Dengan menanam pohon di pekarangan rumah maka udara pagi akan terasa segar, banyak burung yang berkicau, saat siang hari pun terasa sejuk yang membuat hati terasa sejuk dan nyaman.

Coba dibayangkan apabila tiap orang melakukan deposito pohon. Pohon akan tumbuh dimana-mana. Saat kita sedang berhenti ditrafic light tidak perlu kepanasan karena ada pohon, saat sedang bekerja dikantor suasananya nyaman, dan saat liburan tidak perlu mesti ke desa atau pegunungan untuk mencari keindahan dan udara segar.

Oleh karena itu mari kita jadi yang pertama dan menjadi contoh untuk masyarakat yang lainnya untuk deposito pohon.  Tanamlah pohon tanpa menunggu kegiatan dari organisasi atau kelompok untuk melakukan kegiatan menanam 1000 pohon. Dengan deposito pohon maka keindahan akan cepat tercipta kembali dan hatipun senang.


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: