h1

Bank Sentral Inggris masih menahan diri

May 9, 2013

REP | 09 May 2013 | 18:49 Dibaca: 0   Komentar: 0   Nihil

Bank Sentral Inggris masih menahan diri

Bank sentral Inggris (BOE) menahan diri dari menyuntikkan stimulus lebih ke dalam ekonomi Inggris yang rapuh pada hari Kamis namun gubernur BOE selanjutnya, Mark Carney, diharapkan akan mengambil tindakan untuk menopang pemulihan yang masih muda dalam beberapa bulan.

Bank sentral mempertahankan suku bunga acuan pada 0,5% serta mempertahankan besaran program stimulus pembelian obligasi senilai 375 miliar pound atau setara dengan 3 miliar.

Keputusan ini tidaklah mengejutkan dan baik sterling dan obligasi pemerintah Inggris secara luas stabil menyusul pengumuman BOE tersebut. Bank sentral tidak mengeluarkan pernyataan, seperti biasa ketika mereka pertahankan kebijakan.

Musyawarah Komite Kebijakan Moneter itu berlangsung dengan latar belakang sinyal menjanjikan pada ekonomi Inggris. Produk domestik bruto meningkat 0,3% antara Januari dan Maret, survei aktivitas manufaktur, konstruksi dan jasa pada bulan April menunjukkan ekonomi terus berkembang pada awal kuartal kedua. Harga rumah naik pada bulan April, menurut Halifax.

Angka yang dirilis Kamis juga bertepatan saat MPC akan mempertimbangkan keputusannya, menunjukkan produksi industri naik 0,7% di bulan Maret dari bulan sebelumnya, sementara Dewan Kreditur Hipotek mengatakan kepemilikan kembali rumah oleh pemberi pinjaman turun 17% pada kuartal pertama dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Namun prospek ekonomi masih saja rentan, fakta mungkin ditekankan dalam pemeriksaan kesehatan rutin Dana Moneter Internasional pada Inggris, yang akan berlangsung dalam beberapa minggu ke depan.

Berbicara pada Kamis, Perdana Menteri David Cameron membantah kritik terbaru dari IMF, yang mengatakan pemerintah berupaya untuk memotong defisit anggaran terlalu cepat, sehingga menghambat pertumbuhan. “Kami tidak melakukan ini dengan cara yang tidak bertanggung jawab, kita melakukannya pada cara yang masuk akal dan terukur. Ini benar-benar harus dilakukan dan akan dilakukan,” katanya pada konferensi investasi.

Siapa yang menilai tulisan ini?


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: