h1

Standing Applause untuk Fergie

May 8, 2013

REP | 08 May 2013 | 20:35 Dibaca: 2   Komentar: 0   Nihil

Hari ini dunia sepakbola khususnya Inggris mendapatkan berita yang cukup mencengangkan. Bukan tentang calciopoli atau pengaturan skor atau mungkin rasisme. Namun berita mencengangkan itu terjadi dari kota Manchester yaitu pensiunya pelatih tersukses di dunia menurut saya yaitu Sir Alex Ferguson.

Setelah memberikan gelar ke 20 untuk MU Fergie memutuskan pensiun pada hari Rabu 8 Mei 2013. Fergie memang tak sepenuhnya pensiun dari sepakbola, ia ditunjuk sebagai direktur teknik dan duta MU. Fergie sudah 26 tahun  bersama MU dan memberikan 13 trophy liga inggris dan 2 trophy liga champion. Prestasi terbaik Fergie adalah ketika membawa MU treble winner pada tahun 1999 dengan generasi emas mereka. Fergie juga melahirkan beberapa pemain-pemain tenar macam Beckham ataupun CR7.

Lalu bagaimana nasib MU tanpa Fergie musim depan? apakah mungkin MU dapat move on dari 26 tahun kebersamaanya bersama SAF? Saya tak begitu yakin MU dapat menyesuaikan diri setelah ditinggal Fergie. Nama-nama macam Moyes atau Solksjaer adalah calon deputi dari SAF. Dari segi pengalaman Moyes unggul jauh dari Solksjaer namun pengalaman Moyes belum sampai ke tingkat eropa.

Fergie pernah berkata “jangan mencintai klub saya saat menang saja”. Harapan itu mungkin yang ditakuti Fergie saat dia meninggalkan MU. Saya memang bukan penggemar MU namun saya mengagumi taktik Fergie. Dan saya menunggu siapa yang akan menggantikan Fergie musim depan. Mari kita berikan standing applause untuk pelatih tersukses di dunia Sir Alex Ferguson!

Siapa yang menilai tulisan ini?


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: