h1

Gitar Jokowi Jadi Sorotan Media Asing

May 7, 2013

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo kembali menjadi sorotan media luar negeri seperti France24, Saudi Gazette, Straitstimes, the star online dan lebih banyak lagi dari media Australia (Sidney herald, the telegraph, news.com.au, dll). Liputan luas mengenai Jokowi ini terkait penyerahan gitar pemberian personel Metallica, Robert Trujillo beberapa waktu lalu kepada KPK.

Meskipun hanya sekedar memberitakan penyerahan gitar yang seolah “disita” itu, tetapi media terkait juga menyoroti tingginya gratifikasi terhadap pegawai pemerintahan di Indonesia.

Jokowi sebenarnya sudah sering menjadi tokoh pengisi berita di media asing, baik cetak maupun online. Namun beberapa situs yang berhubungan dengan entertainment seperti Metal hammer, metalwani dan i4u tidak ketinggalan memberitakan hal ini. Mungkin karena berita kali ini karena berhubungan dengan band kenamaan Metallica dan terkait kegemaran Jokowi dengan musik Heavy Metal.

Jokowi harus menunggu 30 hari sampai KPK memutuskan, apakah gitar tersebut bisa dikembalikan padanya atau tidak.

Laporan berita lokal sebelumnya bahwa ada yang menganggap bahwa Jokowi menerima gratifikasi, meskipun banyak juga yang tidak sependapat, karena Jokowi pasti bisa membedakan mana gratifikasi mana yang bukan. Meskipun anggapan gratifikasi itu bisa juga dimaklumi sebagai kekhawatiran beberapa pihak yang tidak ingin Jokowi terjebak lawan politik dan dianggap “cacat” dimasa yang akan datang.

Satu hal yang bisa dipertanyakan sebenarnya adalah, kenapa gitar bertuliskan ‘Giving Back!.. Keep Playin’ That Cool Funky Bass!’ oleh Rob itu harus diserahkan oleh orang dari promotor yang konon akan membawa band asal AS itu tampil di Ibukota?. Kenapa bukan Rob sendiri yang menyerahkan ketika mereka sudah benar benar dating ke Jakarta? Kan, itu jauh lebih spektakuler… ?!

Saya jadi ingat, novel Harry Potter, dimana sapu terbangnya “firebolt” disita oleh Profesor McGonagall karena dianggap hadiah dari orang tak dikenal dan bisa saja sudah dimantrai untuk mencelakai Harry… Jadinya, Harry dan sahabatnya Ron Weasly bisa tidur semalaman karena sapu itu, memikirkan bagaimana sapu itu dipreteli, dibongkar bahkan di jadi bahan percobaan oleh semua guru di Hogwarts.

Saya juga jadi membayangkan Jokowi demikian, tidak bisa tidur karena hadiah dari Idolanya… guling kiri…guling kanan… Plakkk…!!! sadar woi… !!! Tapi, KPK tidak membongkar pasang gitar itu kan??? Lagipula itu bukan gitar sihir kan,  haha…

Mudah mudahan Jokowi tetap mendapatkan sapunya eh… gitarnya…

=SachsTM=

13679542671932874355

Captured image from:France24


Kompasiana

Advertisements
%d bloggers like this: